Tips

3 TIPS MENJAGA KESELAMATAN DIRI SAAT SEDANG BEKERJA

7 months ago

Dilihat 242 kali

Anisa Luana

"Keselamatan kerja merupakan faktor yang sangat penting bahkan harus menjadi prioritas dalam menjalankan pekerjaan"

 

Haloo Sobat Alumni!

Beberapa waktu yang lalu Indonesia di hebohkan dengan meledaknya salah satu Kilang Minyak pertamina terbesar di Asia Tenggara yang terletak di Pertamina Balongan Indramayu. Bahkan, api yang membumbung tinggi sampai terlihat hingga jarak lima kilometer, loh!

Untuk penyebabnya, pihak pertamina juga belum menemukan penyebab pasti dari hal tersebut. Tapi, ayo sama sama kita doakan ya Sobat Alumni agar kejadian seperti ini tidak terulang  lagi. 

Pada beberapa tahun lalu, Pertamina Refinery Unit (RU) VI Balongan pernah mendapatkan penghargaan dari Kementerian Ketenagakerjaan atas komitmennya terhadap aspek keselamatan dan kesehatan kerja. RU VI Balongan mendapatkan dua penghargaan sekaligus, yaitu penghargaan Kecelakaan Nihil serta Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja dikarenakan berhasil mencapai 104 juta jam kerja tanpa kecelakaan kerja.

Keselamatan di tempat kerja menjadi hal vital dalam lingkungan pekerjaan. Keselamatan kerja merupakan faktor yang sangat penting bahkan harus menjadi prioritas dalam menjalankan pekerjaan. Ini berlaku terutama pada karyawan yang punya pekerjaan berisiko tinggi, seperti di sektor pertambangan, konstruksi, manufaktur, perminyakan, dan sejenisnya.

Oh iya, membahas mengenai keselamatan tenaga kerja mimin punya beberapa tips nih buat Sobat Alumni tentang gimana sih cara menjaga keselamatan diri saat sedang bekerja di lapangan.

 

Penasaran kan?

Yuk simak 3 tips dibawah ini!

 

  1. Waspada dan Peka terhadap keadaan sekitar

Waspada dan peka terhadap sekitar. Itulah poin penting yang harus kalian lakukan untuk mencegah terjadinya kecelakaan yang dapat terjadi kapan saja. Keselamatan kerja akan mudah tercapai bila  para pekerja tidak menganggap remeh bahaya yang selalu mengintai dan siap menerkam sewaktu-waktu.

Contohnya saja, ketika sedang di tempat kerja dan melihat arus pendek listrik, kita sebagai pekerja harus cukup tanggap mengenai hal tersebut. Karena, jika tidak cepat di tangani bisa berakibat fatal.

 

 

  1. Menggunakan peralatan safety dengan benar

Selanjutnya, kunci dari keselamatan kerja adalah kita harus disiplin dalam menggunakan peralatan safety. Seperti helm pelindung, sepatu safety, hingga rompi safety yang bisa menurunkan resiko terjadinya kecelakaan kerja.

  1. Istirahat tepat waktu

Saat bekerja, Istirahat juga masih merupakan suatu elemen yang penting, loh! Seringnya terjadinya kecelakaan kerja di tempat kerja biasanya disebabkan oleh pekerja yang kurang fokus dikarenakan kurangnya istirahat. Hal ini justru bisa bersifat fatal bagi diri sendiri bahkan perusahaan karna dapat menyebabkan kecelakaan kerja.

Nah itu dia, sedikit tips dari mimin tentang cara menjaga keselamatan diri saat bekerja sekaligus Membudayakan Keselamatan di Tempat Kerja yang dapat diterapkan guna mewujudkan keselamatan dalam bekerja sehingga terhindar dari kecelakaan kerja.

 

Yuuk cipatakan lingkungan kerja yang istimewa, dengan menjaga keselematan kerja kita.

Stay Safe, Stay Healthy everyone!