Tips

5 Cara Cerdas bagi Fresh Graduates untuk Mendapatkan Pekerjaan yang Diinginkan

1 month ago

Dilihat 283 kali

Farhan N

5 Cara Cerdas bagi Fresh Graduates untuk Mendapatkan Pekerjaan yang Diinginkan

Halo sobat karier semuanya🤗✨️

Kali ini kita akan kasih Tips nih yaitu 5 Cara Cerdas Untuk Mendapatkan Pekerjaan Yang Diinginkan.

Berikut tipsnya :

1. Menentukan Jalur Karir

Sebelum mencari pekerjaan, ada baiknya kamu meluangkan waktu untuk menentukan jalur karier yang sesuai dengan tujuan kamu. Mencari pekerjaan yang sesuai dengan ekspektasi gaji kamu sama pentingnya dengan pekerjaan yang memiliki kapasitas untuk pertumbuhan jangka panjang.  Memprioritaskan apa yang penting bagi kamu dalam sebuah pekerjaan akan berguna untuk membantu perusahaan memahami tujuan karier kamu.

2. Mempersonalisasi resume

Resume kamu menentukan proses perekrutan, jadi sebaiknya kamu rajin membuat resume yang disesuaikan dengan berbagai pekerjaan yang ingin kamu lamar. Resume yang ringkas adalah pilihan terbaik bagi seorang fresh graduate. Menjaga panjang resume menjadi satu halaman adalah aturan praktis yang baik, terutama untuk posisi entry-level. Dengan begitu, kurangnya pengalaman kerja tidak akan menjadi hambatan dalam melamar pekerjaan yang sesuai dengan keahlian kamu.

3. Mempersiapkan diri untuk wawancara

Setelah mengirim banyak lamaran, mendapatkan panggilan wawancara terasa lega, tapi jangan berpuas diri. Bagi fresh graduate, wawancara pertama bisa menantang, tapi persiapan yang baik akan membantu kesuksesanmu. Wawancara adalah peluang, jadi pahami posisi yang dilamar dan tanggung jawabnya untuk menunjukkan minatmu kepada pemberi kerja.

4. Mengirim Email untuk ditindak lanjuti

Setelah wawancara, sebaiknya kamu mengirim email untuk berterima kasih kepada pemberi kerja dan menegaskan minatmu pada posisi tersebut. Dengan begitu dapat menunjukan kepribadianmu yang akan membuat kamu lebih disukai dan meningkatkan peluangmu untuk mendapatkan posisi tersebut.


5. Melakukan Personal Branding

Langkah terakhir, akan membantu kamu sebagai fresh graduates untuk membangun personal branding yang kuat dalam memperkenalkan diri kamu kepada dunia dengan percaya diri, termasuk kepada HRD yang berpotensi memberikan kesempatan kerja untuk kamu. Untuk mempersiapkan
kesuksesan karier kamu, kami merekomendasikan agar mengikuti sesi career coaching yang diadakan oleh Business Placement Center (BPC). Career coaching akan memberikan panduan dan bimbingan yang dibutuhkan untuk mengembangkan diri, mengidentifikasi tujuan karier yang jelas, dan merancang strategi yang tepat untuk mencapainya.

Mencari pekerjaan setelah lulus kuliah bukan perlombaan karena setiap orang berkembang dengan kecepatan yang berbeda. Fokuslah pada persiapan yang baik dan bersikap terbuka. Trust the process and give it time!