Tips

5 Tips Jitu Agar Tetap Semangat Saat Work From Home

2 years ago

Dilihat 955 kali

Anisa Luana

Menjaga semangat bekerja agar terus-menerus menyala bukanlah pekerjaan mudah. Untuk itu diperlukan sebuah komitmen supaya semua pekerjaan tetap berjalan dengan lancar.

Haloo Sobat Alumni!

 

Gimana nih pekerjaannya hari ini? Masih pada WFH, ya?

Dimasa pandemi seperti ini kerja dari rumah alias Work From Home (WFH) pastinya masuk ke salah satu kegiatan kita dalam dunia kerja. Sampai saat ini, WFH masih menjadi pilihan banyak perusahaan untuk tetap produktif dan memenuhi tanggung jawab bekerja namun tetap menjaga jarak untuk mengurangi penyebaran virus corona.

Pada awalnya, kegiatan WFH dilakukan pasti dengan penuh semangat. Namun, semakin lamanya durasi WFH membuat banyak orang menjadi semakin jenuh. Suasana kerja yang hanya itu itu saja tentunya akan membuat para pekerja semakin jenuh. Selain itu, suasana rumah yang nyaman juga akan membuat kita menjadi sedikit kurang bersemangat ketika bekerja saat WFH.

Sobat Alumni ngerasa ga sih? Hampir semua orang yang sedang melaksanakan WFH mungkin mengalami masalah utama yang sama. Yaitu kesulitan untuk mempertahankan semangat kerja.

Tenang saja, itu merupakan suatu hal yang wajar saja kok!

Tanpa adanya orang lain yang bekerja di sekitar kita, memang sulit rasanya buat bekerja dengan motivasi yang sama seperti biasanya.

Menjaga semangat bekerja agar terus-menerus menyala bukanlah pekerjaan mudah. Untuk itu diperlukan sebuah komitmen supaya semua pekerjaan tetap berjalan dengan lancar.

Nah, jagi gimana sih sebenarnya cara supaya tetap semangat saat work from home?

Ada beberapa cara loh yang bakalan membuat suasana hati kalian menjadi lebih baik lagi sehingga produktivitas kalian saat bekerja tidak terganggu.

Yuk, simak 5 tips jitu supaya tetap semangat saat work from home dibawah ini.

 

  1. Langsung Mandi Setelah Bangun Pagi

Walaupun lagi work from home, jangan dijadikan alasan untuk bermalas-malasan, ya! Yuk, rajin mandi pagi! Setelah bangun tidur, usahakan mandi terlebih dahulu sebelum kembali memulai aktivitas. Hal ini tentunya akan membuat tubuh jauh menjadi lebih segar loh, Sobat Alumni!

Selain menyegarkan, mandi dipagi hari juga tentunya menyehatkan badan. Mandi setelah bangun tidur juga dapat meningkatkan kualitas otak, sehingga saat bekerja menjadi selalu bersemangat.

 

  1. Jangan Lupa Olahraga Ringan di Pagi Hari

Nah, setelah mandi dan sarapan, luangkan waktu 5 sampai 10 menit untuk berolahraga kecil-kecilan di rumah seperti sit up, pull up, push up.

Olahraga ringan dipagi hari juga ternyata banyak sekali manfaatnya, loh! Selain untuk menjaga daya tahan tubuh, olahraga juga menghasilkan suasana yang membuat kita lebih bahagia dan bersemangat.

 

  1. Jangan Bekerja Ditempat Tidur

Hal ini tentunya harus banget dilakuin, nih! Kasur merupakan tempat paling nyaman untuk beristirahat. Kalau kalian mengerjakan suatu pekerjaan di atas kasur, tidak jarang kalian akan teralihkan menjadi rebahan. Wah, jangan sampai tugas tugas yang sedang dikerjakan menjadi terbengkalai ya gara gara rebahan.

Carilah spot ternyaman dan sebisa mungkin bekerjalah di meja agar rasa malas tidak menghinggap dan pekerjaan menjadi cepat selesai.

 

  1. Dekorasi Meja Kerjamu

Meja kerja yang menarik tentunya akan menambah minat kalian dalam mengerjakan sesuatu. Dekorasi yang sesuai dengan keinginan kalian ini juga bisa meningkatkan semangat dan menjernihkan pikiran, loh!

Coba deh sekali kali merapikan dan menata ulang meja kerja kalian sesuai dengan style kalian sendiri. Meja kerja yang kondusif dan sesuai dengan selera kita akan membuat kita lebih bersemangat ketika bekerja. Yuk, sedikit dikit mulai menghias meja kerja agar lebih semangat dalam bekerja.

 

  1. Berikan Reward Terhadap Diri Sendiri Setelah Berhasil Menyelesaikan Satu Pekerjaan

Memiliki rasa bosan dan jenuh saat bekerja dari rumah merupakan suatu hal yang wajar kok. Tapi inget ya jangan sampai keterusan!

Salah satu cara untuk tetap semangat saat bekerja dari rumah adalah memberikan sedikit reward atau penghargaan kepada diri sendiri setelah berhasil menyelesaikan suau pekerjaan.

Jadi, Self Reward ini tidak melulu harus yang “wah” banget ya.

Contoh sederhananya saja, kalian bisa istirahat sejenak selama 5-10 menit setelah menyelesaikan satu tugas untuk sekedar mengistirahatkan badan.

Bentuk penghargaan ini bisa beragam sesuai dengan kebutuhan kalian, misalnya seperti membaca buku favorit, menonton TV atau bermain game, sampai dengan membuka media sosial untuk mengetahui kabar-kabar terkini. Setelahnya pasti kalian akan lebih termotivasi untuk menyelesaikan tugas-tugas yang masih menanti.

 

Nah, dengan kelima tips jitu diatas semoga bisa menjaga semangat bekerja saat WFH, ya!

 

Gimana? Siap produktif di rumah, Sobat Alumni?