Tips

CRITICAL THINKING KEMAMPUAN DIRI UNTUK MEMPERSIAPKAN DUNIA KERJA MASA DEPAN

7 months ago

Dilihat 863 kali

@mynameiskhus

Salah satu kemampuan diri yang sangat penting adalah critical thinking atau berpikir kritis. Critical thinking bukan hanya sekadar kemampuan intelektual, melainkan juga fondasi dalam menghadapi dunia kerja saat ini dan masa depan.

Dunia kerja saat ini dan masa depan semakin kompleks dan penuh tantangan. Dalam menghadapi lingkungan kerja yang terus berkembang dengan revolusi teknologi dan dinamika global, para individu perlu memiliki kemampuan diri yang kuat untuk tetap relevan dan berhasil menghadapi persaingan yang ketat. Salah satu kemampuan diri yang sangat penting adalah critical thinking atau berpikir kritis. Critical thinking bukan hanya sekadar kemampuan intelektual, melainkan juga fondasi dalam menghadapi dunia kerja saat ini dan masa depan.

Hal tersebut seperti juga disampaikan pada waktu beberapa hari yang lalu. Saya mendapatkan undangan sekaligus sambutan dalam rangka penyelarasan kurikulum program studi Universitas Amikom Yogyakarta. Acara dalam bentuk Focus Discussion Group (FGD) dalam rangka menyelaraskan kurikulum prodi S1 Informatika tentang state of the art penelitian, khususnya dalam perkembangan industri bidang Computer Networking. Acara ini dipandu oleh seorang pembicara yang sangat berkompeten, dan salah satu hal mendasar yang beliau soroti adalah tentang pentingnya keahlian critical thinking sebagai kemampuan soft skill utama untuk menghadapi tantangan di masa mendatang.

Berada di tengah-tengah era digital, dunia kerja telah mengalami perubahan paradigma. Kemampuan teknis dan keterampilan intelektual yang kuat masih penting, namun, critical thinking menjadi elemen penting yang membedakan para profesional di dunia kerja yang kompetitif saat ini. Sebagai kemampuan diri, critical thinking memberikan manfaat yang signifikan bagi para profesional. Kemampuan berpikir kritis membantu dalam pengambilan keputusan yang tepat. Kemampuan berpikir kritis juga berperan penting dalam menemukan solusi untuk masalah-masalah kompleks. Dalam lingkungan kerja yang dinamis, para profesional sering dihadapkan pada tantangan yang memerlukan pemecahan masalah yang kreatif dan inovatif. Seorang pemikir kritis mampu berpikir out-of-the-box, mencari solusi-solusi alternatif, dan menghadapi masalah dengan strategi yang efektif.

Critical thinking berkontribusi pada kemampuan adaptasi dan fleksibilitas di dunia kerja masa depan. Revolusi teknologi dan perubahan kebutuhan yang cepat memerlukan untuk terus beradaptasi dengan lingkungan yang berubah. Pemikir kritis mampu menghadapi perubahan dengan lebih terbuka, belajar dari pengalaman, dan mengambil langkah-langkah yang tepat untuk berkembang. Critical thinking juga membawa dampak positif dalam pengembangan karir. Para profesional yang mampu berpikir kritis cenderung menjadi pemimpin yang efektif. Kemampuan untuk melihat gambaran besar dan menganalisis situasi dengan obyektif memungkinkan mereka untuk mengambil keputusan yang bijaksana dan menginspirasi tim untuk mencapai tujuan bersama.

Begitu pentingnya critical thinking dalam menghadapi dunia kerja saat ini dan masa depan, maka pertanyaannya adalah bagaimana mengembangkan kemampuan ini ?, hal sederhana yang bisa dilakukan adalah pertama, lakukan evaluasi diri apa yang Sudah dilakukan. Misalnya tinjau Kembali keputusan yang telah diambil, apakah ada cara lain untuk meningkatkan performa dari keputusan yang telah diambil, dan identifikasi peluang-peluang untuk terus belajar dan berkembang.

Kedua, selalu bertanya pada diri sendiri pertanyaan kritis. Saat dihadapkan pada informasi atau masalah, jangan hanya menerima begitu saja, melainkan selalu pertanyakan "Bagaimana saya tahu ini benar?" atau "Apa bukti yang mendukung klaim ini?" Dengan cara ini, maka Anda dapat menghindari pemikiran bias dan mengambil keputusan yang lebih obyektif. Ketiga, berdiskusi dengan orang lain dan terbuka terhadap pandangan yang berbeda. Diskusikan ide dan pandangan Anda dengan rekan kerja atau mentor yang dapat memberikan perspektif yang berbeda. Hal ini membuka wawasan baru dan memperkaya perspektif Anda dalam menghadapi masalah atau tantangan.

Semua tentunya harus menyadari tentang pentinganya kemampuan critical thinking dalam diri, baik untuk kehidupan sehari-hari juga siap menghadapi dunia kerja saat ini dan masa depan. Kemampuan berpikir kritis membantu dalam pengambilan keputusan yang tepat, pemecahan masalah yang efisien, dan adaptasi terhadap perubahan yang cepat. Dalam lingkungan kerja yang semakin kompleks dan kompetitif, para profesional yang memiliki critical thinking akan memiliki keunggulan dalam menghadapi tantangan dan mencapai kesuksesan karir yang berkelanjutan. ( Diterbitkan di koran tribun jogja )