Tips

KEMBALI BEKERJA, TETAP BERKARYA PASCA LIBUR IDUL FITRI

6 months ago

Dilihat 149 kali

Anisa Luana

"Selamat hari kerja pertama, tetap semangat. Selamat Hari raya Idul Fitri 1442 H , Mohon Maaf lahir dan batin."

 

Banyak cerita momen lebaran kali ini, dari mulai harus berhadapan petugas saat tetap mudik dengan berpura-pura balik arah tetapi sebenarnya cari alternatif jalan lain. Ada juga yang menunggu momen lengahnya penjagaan petugas, serta berbagai alasan kenapa harus mudik dan tidak mudik. Disamping karena alasan pelarangan dari pemerintah ternyata juga bertahan karena keterpaksaan. “ Gimana Mas jadinya tetap nggak mudik ya …, nggak pak disamping THR belum dibayar penuh dan juga menunggu gaji bulanan terakhir karena setelah lebaran terpilih untuk menjadi salah satu karyawan yang terkena PHK “. Kok bisa begitu …ya pak karena perusahaan belum pulih benar akibat pandemi Covid-19. Semoga mendapatkan yang lebih baik ya mas…Bismillah.

 

Menikmati momen lebaran memang sangat menyenangkan, apalagi bisa melewatinya dengan orang-orang tercinta, akan tetapi tidak sedikit yang campur aduk antara bahagia dan juga sedih karena harus memulai status sebagai jobseeker.

 

Liburan telah usai kini sudah saatnya untuk beraktivitas kembali. Ada kecenderungan perilaku  atau semacam perasaan jika terlalu lama beristirahat karena libur kerja maka akan membuat ada rasa malas. Terlalu lama berlibur ternyata juga akan membuat nyaman dan melupakan sejenak hiruk pikuk pekerjaan sehingga tidak bersemangat untuk bekerja kembali.  Ini tentu saja Kembali ke pribadi masing-masing orang dalam menyikapi fenomena ini walaupun tidak dipungkiri mereka masih terbawa suasana yang mengakibatkan semangat dan produktivitas kerja kemungkinan besar menurun.

 

Untuk yang masih tetap harus dan melanjutkan karir ditempat kerja, ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mengembalikan motivasi Kembali sehingga hasil kerja menjadi optimal dan tentu juga bisa lebih bersemangat. Pertama memulai dan lakukan persiapan untuk pekerjaan dari hal yang sederhana. Hal yang bisa dilakukan sebelum benar-benar masuk kerja adalah mengecek jadwal dan tugas yang belum terselesaikan secara bertahap, membuka email misalnya, memperbarui daftar tugas agar lebih terencana, dan lainnya sehingga saat memulai bekerja semua dalam keadaan siap.

 

Yang kedua, datanglah lebih awal saat mulai bekerja. Ini simple tetapi kadang ada perasaan lebih siap karena akan ketemu dengan rekan kerja lebih awal, perubahan atmosfir yang baru tetapi lama dilingkungan pekerjaan. Mulailah dengan merapikan ruangan atau meja kerjamu. Kemudian cara agar dapat mengembalikan motivasi Kembali pekerja setelah libur lebaran yang ke tiga adalah  mengatur ulang segala sesuatu dari jadwal, memilah dan memilih pekerjaan mana yang harus segera diselesaikan yaitu membuat to do list, berisi daftar pekerjaan yang perlu menjadi prioritas dan juga pekerjaan yang belum terselesaikan.

 

Menjaga motivasi diri dalam pekerjaan ini cara ke empat. Artinya kita masih diberikan kesempatan untuk bekerja disaat orang lain mungkin masih sulit mencari pekerjaan. Atau mungkin mereka tidak berkerja lagi setelah mendapatkan PHK sebelum libur lebaran. Jadi tidak ada alasan untuk kita merasa berat, mengeluh atau terlena untuk memulai pekerjaan Kembali pasca libur lebaran.

 

Kemudian cara ke lima berikutnya adalah melakukan koordinasi awal dengan tim sekaligus acara halal-bihalal yang berbasis meeting. Memulai pekerjaan dengan melakukan koordinasi awal dengan tim untuk memberikan arahan melaksanan evaluasi dan persiapkan selanjutnya sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan.

 

Yang terakhir adalah mulai dengan mengerjakan pekerjaan yang paling mudah. Setelah libur panjang, pastinya banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Apalagi ada task yang menumpuk. Agar tidak mudah stress, sebaiknya mulai dengan pekerjaan yang paling mudah dahulu. Jangan langsung mengambil pekerjaan yang berat.           

 

Dari ke enam cara atau tips tersebut maka yang paling penting dan itu cara ke tujuh adalah manfaatkan waktu beristirahat sebelum memulai pekerjaan penuh dan rutin. Memanfaatkan waktu istirahat dengan melakukan kegiatan ringan, refresing bersama keluarga, membaca buku ringan, mendengarkan musik, menjalankan hobi dan lain sebagainya. Ini dilakukan sebelum benar-benar mulai masuk kerja sehingga semua menjadi fresh untuk memulai hari pertama dalam bekerja.

 

Untuk yang akhirnya harus berhenti apakah karena terkena PHK atau memutuskan untuk tidak bekerja Kembali maka ini juga harus dilakukan sebaik mungkin. Setidaknya kesan baik dan berjiwa besar karena telah mengambil keputusan untuk resign. Hal yang lumrah tentunya pamit dengan rekan kerja atau atasan dan berterima kasih atas kerja sama dan kepercayaan selama ini. Untuk yang terkena PHK ini pasti sulit tapi ini harus dilakukan karena berpamitan secara beretika maka biasanya akan muncul doa-doa terbaik baik dari rekan kerja atau atasan.

 

Pastikan semua tools atau barang yang Anda pakai dikembalikan, biasanya setiap karyawan yang bekerja mendapatkan fasilitas dari kantor untuk menunjang produktifitas dalam pekerjaannya. Tetap menjaga hubungan baik dengan atasan atau rekan. Terakhir adalah jika Anda adalah bagian dari tim yang berhubungan dengan pihak klien atau orang luar dalam pekerjaannya, maka sebaiknya memberitahu kepada kilen atau mitra secara formal dan tertulis. Insya Allah apapun kondisi momen Lebaran kali ini, ini adalah momen terbaik apapun kondisi Anda.

 

Tidak perlu berkecil hati bagi yang terkena PHK atau masih belum menemukan Career Sweet Spot karena semua masih terbuka dan tidak pasti maka pastikan dengan cara dan Langkah yang terus menerus karena ketidakpastian itu yang menjadikan diri untuk terus memastikan akan hidup dan karier Anda. Selamat hari kerja pertama, tetap semangat. Selamat Hari raya Idul Fitri 1442 H , Mohon Maaf lahir dan batin. @mynameiskhus