Tips

MAU JADI SEORANG ENTREPRENEUR YANG SUKSES? SIMAK BEBERAPA TIPS BERIKUT

7 months ago

Dilihat 128 kali

Anisa Luana

Didalam dunia bisnis tidak ada yang “instan”. Semua butuh proses mulai dari melatih mental, berani menantang diri sendiri agar keluar dari zona nyaman, dan juga mengambil resiko.

Pada era digital seperti ini, sebenarnya ada banyak hal yang bisa membuat kita menjadi pribadi yang lebih produktif lagi. Salah satu kegiatan yang bisa membuat kita menjadi produktif itu adalah dengan menjadi seorang entrepreneur. Mungkin sudah ada satu dari sekian banyak sobat alumni yang sudah mulai terjun di dunia ini atau baru memulai untuk menjadi seorang entrepreneur.  Tenang aja sobat alumni,  tidak ada kata terlambat untuk memulai suatu usaha. Usia juga tak menjadi patokan kapan seseorang akan berhasil.

Memulai sebuah bisnis mungkin memang membutuhkan modal dan biaya yang tidak sedikit, tapi sebenarnya untuk tetap bertahan dan berkembang dibutuhkan lebih dari sekedar kemampuan finansial saja, loh!

Ada banyak hal yang bisa membuat bisnis itu berkembang salah satunya adalah rasa percaya terhadap diri sendiri. Didalam dunia bisnis tidak ada yang “instan”. Semua butuh proses mulai dari melatih mental, berani menantang diri sendiri agar keluar dari zona nyaman, dan juga mengambil resiko.

Nah, pasti sobat alumni mau kan jadi entrepreneur yang sukses? Mimin punya loh tips buat Sobat Alumni yang ingin memulai menjadi seorang entrepreneur.

 

Yuk simak tips - tipsnya

 

  • Niat & Yakin

Yupss, yang pertama dan utama adalah niat! Kalo kita ga memiliki niat sama sekali pasti hal itu hanya akan selalu menjadi angan angan saja. Setelah memiliki niat, tentunya kita harus yakin dan percaya terhadap diri sendiri. Percaya akan kemampuan diri sendiri akan membuat positive vibes terhadap diri kita sendiri juga, loh! Hal ini secara tidak langsung juga akan menghilangkan rasa ketidakpastiaan yang seringkali menjadi ketakutan penguasaha diawal memulai berwirausaha.  Inget ya, jangan takut untuk mencoba hal hal baru!

  • Membuat Plan

Membuat rancangan atau plan saat memulai menjadi seorang entrepreneur adalah kunci menjadi seorang entrepreneur yang berhasil. Sebab, perencanaan yang baik adalah awal dari kesuksesan. Kenali produk yang akan dijual, pahami kondisi pasar dan tentukan lokasi yang strategi.

Selain itu, kalian juga perlu untuk belajar dari pengalaman orang lain. Kisah-kisah sukses seseorang yang berawal dari kegagalan-kegagalan. Kemudian, pelajarilah kegagalan yang dilakukan orang lain dan jangan mengulangi hal tersebut.  Luangkanlah waktu untuk membaca, riset dan berdiskusi dengan orang-orang yang positif. Seraplah sebanyak-banyaknya pengalaman dari orang lain untuk menambah ilmu yang dibutuhkan dalam bisnis.

  • Bangun Mental Pebisnis

Seorang pebisnis memiliki mental tidak takut gagal dan tidak takut jatuh. Jadi, bagi kalian yang ingin menjadi seorang entrepreneur, kalian harus memulai membangun mental pebisnis itu mulai dari sekarang.

  • Build up your ideas

Untuk menjadi seorang entrepreneur yang sukses kalian perlu memiliki ide ide yang kreatif dan inovatif untuk terus membangun bisnis kalian. Memulai menjadi seorang entrepreneur dari awal bukan merupakan hal yang mudah. Sebab ada banyak rintangan yang harus dihadapi. Maka dari itu, motivasi yang besar sangatlah diperlukan dibarengi dengan ide ide yang kreatif dan inovatif agar terus mendorong seorang entrepreneur itu terus berkembang kea rah yang lebih baik lagi.

  • Great execusion & Konsisten

Ada satu hal yang perlu digarisbawahi ketika kita menjadi seorang entrepreneur yaitu “Tidak ada bisnis yang langsung Sukses dan Berhasil”  jika kita sudah memiliki plan yang bagus, kalian harus mengeksekusi plan tersebut dengan baik. Kemudian, kalian harus konsisten ketika menjalankan plan tersebut agar bisnis kalian berjalan dengan lancer

 

Nah, itulah beberapa tips menjadi seorang entrepreneur sukses yang perlu diperhatikan oleh Sobat Alumni. Semoga dapat menjadi panduan untuk Sobat Alumni yang ingin memulai karir sebagai entrepreneur, ya!

Dalam dunia bisnis, jatuh dan bangun berkali-kali bukanlah hal baru. Jatuh dan bangunlah. Jatuh dan bangunlah kembali. Tak perlu takut merasa gagal dan habiskanlah kegagalan secepat mungkin. Sebab, kegagalan adalah awal dari kesuksesan. Evaluasi segala kegagalan yang telah terjadi. Tetaplah positif dan rancang ulang strategi barumu dengan semangat baru.