Tips

TERNYATA UNTUK BERKARIER ITU HANYA MASALAH KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI

3 years ago

Dilihat 819 kali

@mynameiskhus

Kemampuan berkomunikasi secara efektif menjadi keahlian penting saat ini karena komunikasi merupakan sebuah proses dinamis dimana cara berkomunikasi akan memberi pengaruh baik atau buruk pada pekerjaan ataupun kehidupan Anda.

Kemampuan berkomunikasi secara efektif menjadi keahlian penting saat ini karena komunikasi merupakan sebuah proses dinamis dimana cara berkomunikasi akan memberi pengaruh baik atau buruk pada pekerjaan ataupun kehidupan Anda. Ini salah satu kunci dari hampir semua yang disampaikan saat acara Focus Group Discussion (FGD) Universitas Amikom yang diselenggarakan oleh direktorat Business Placement Center (BPC) dan Alumni sebagai Lembaga pusat karir bersama tujuh Perusahaan yang hadir.

FGD dengan tema relevansi output Perguruan Tinggi dan Dunia kerja diikut oleh pengelola Universitas Amikom dari wakil rektor sampai dengan program studi bersama tujuh perusahaan yaitu CIMB Niaga, Agate Studio, PT. Gameloft, PT. Metrodata. Tbk, EnigmaCamp, PT. Nawa Data Solution dan Ebdesk Indonesia.  Kegiatan FGD antara Universitas AMIKOM Yogyakarta dan perusahaan ini bertujuan untuk bertukar pikiran, bertukar informasi, serta membuka wawasan antara kedua belah pihak terkait dunia pendidikan dan dunia kerja. Setelah adanya kegiatan FGD ini, diharapkan ada banyak insight yang dapat membangun keselarasan antara output (alumni) Universitas AMIKOM Yogyakarta dan dunia kerja atau industri.

Kemampuan berkomunikasi adalah hal yang hampir semua perusahaan mengungkapkan, bahwa itu adalah salah satu skill yang wajib dikuasai oleh para alumni.  Semua yakin bahwa kemampuan berkomunikasi yang baik sangat diperlukan di dunia kerja. Orang yang mampu mengekspresikan dirinya dengan positif melalui perilaku yang jelas baik melalui perkataan ataupun tulisan, maka orang itu mempunyai cara menyampaikan pesan yang baik terhadap orang lain. Dengan komunikasi yang baik maka Anda bisa menghindari kesalahpahaman dan potensi konflik dengan orang lain.

Kemampuan berkomunikasi tentunya tidak datang begitu saja, beberapa keahlian berkomunikasi yang layak dilatih dan dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi Anda perlu dilakukan. Berikut beberapa kemampuan komunikasi untuk selalu dilatih dan dikembangan. Pertama Menjadi pendengar yang aktif; salah satu kebutuhan dasar manusia adalah kebutuhan untuk memahami dan dipahami. Mendengarkan adalah salah satu upaya terbaik untuk memahami orang lain. Dengarkan baik-baik perkataan orang lain dengan kesadaran jiwa, namun hindari menyela dan mengganggu orang saat sedang bicara misalnya. Bagaimana Anda mampu dan bisa memahami orang lain entah dengan nada suara, kontak mata, ekspresi wajah, diam dan juga postur tubuh kita.

Kedua adalah kemampuan klarifikasi dan kesimpulan; skill ini kayaknya sederhana tetapi justru diperlukan. Kemampuan klarifikasi dan kesimpulan dalam berkomuniaksi tentunya agar kita mampu mengetahui apakah perkataan yang didengar sudah benar atau belum, maka Anda bisa memastikannya dengan menyampaikan klarifikasi dan menyimpulkan perkataan orang lain. Apakah pesan yang diterima sudah sesuai seperti yang disampaikan oleh orang itu.

Yang ketiga yang perlu tetap dilatih dan dikembangkan adalah kecerdasan emosional; Kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk memahami dan mengelola emosi agar bisa berkomunikasi efektif, menghindari stress, mengatasi tantangan, dan empati terhadap orang lain. Ini kemampuan yang tidak terjadi begitu saja, perlu latihan dan terlibat dalam proses yang panjang. Keahlian ini bisa dipelajari dari waktu ke waktu dengan melibatkan beberapa aspek seperti kesadaran diri, pengelolaan diri, kesadaran sosial dan pengelolaan hubungan dengan orang lain.

Keempat empati itu juga kemampuan komunikasi yang harus dilatih. Rasa empati untuk saat ini mulai hilang karena berubahan orentasi dan tujuan hidup. Dalam lingkungan dimana bekerja misalnya, jika Anda tidak setuju dengan pemikiran orang lain tidaklah menjadi masalah harusnya, tetap harus mempertimbangkan dan menghargai pandangan orang lain atau rekan kita. Hal ini merupakan salah satu cara kemampuan berkomunikasi dengan memahami orang lain dan menghargai sudut pandang berbeda.

Selanjutnya yang kelima adalah Percaya diri dan Pikiran terbuka. Kepercayaan diri adalah hal yang sangat krusial dalam setiap interaksi komunikasi. Menunjukkan rasa percaya diri akan memberi keyakinan pada orang lain akan kemampuan Anda. Kepercayaan diri yang tentunya menjadi pribadi yang solutif akan apa yang disampaikan bukan kepercayaan diri semu dan bersikap agresif yang akhirnya bisa menimbulkan dampak buruk yang tidak sesuai harapan.

Bentuk sebuah komunikasi yang kuat memerlukan pikiran yang terbuka. Jika Anda tidak setuju dengan buah pikiran orang lain, maka cobalah untuk menghargai pandangannya dan mencari jalan tengah yang menguntungkan semua pihak. Seringkali, sebuah pendekatan komunikasi dengan pikiran terbuka akan menghasilkan kesuksesan. Ada yang berpendapat bahwa berpikiran terbuka umumnya dianggap sebagai kualitas positif karena ini adalah kemampuan komunikasi yang diperlukan untuk berpikir kritis dan rasional. Meningkatkan komunikasi dengan pikiran yang terbuka tentuya sangat membantu Anda untuk bisa saling memahami satu sama lainnya, menghindari kesalahpahaman, bisa melahirkan dan membuka peluang bisnis atau karir untuk Anda karena kemampuan Anda dalam berkomunikasi dengan berfikiran terbuka. Jadi mari terus tingkatkan dan latih kemampuan berkomunikasi secara efektif kita.

* Diterbtikan di koran Tribun Jogja by@mynameiskhus